pengertian mahasiswa menurut para ahli

Halo, selamat datang di kasatmata.co.id

Istilah mahasiswa sudah tidak asing lagi bagi kita. Kita sering mendengar kata mahasiswa di lingkungan pendidikan, baik di kampus maupun di luar kampus. Mahasiswa adalah sekelompok individu yang terdaftar di perguruan tinggi atau universitas untuk menempuh pendidikan tinggi.

Namun, tahukah Anda apa sebenarnya pengertian mahasiswa menurut para ahli? Definisi mahasiswa dapat bervariasi tergantung pada perspektif dan konteks yang digunakan. Berikut ini adalah beberapa pengertian mahasiswa menurut para ahli:

Pendahuluan

Mahasiswa merupakan individu yang terdaftar di perguruan tinggi atau universitas untuk menempuh pendidikan tinggi. Mereka mengikuti program akademik tertentu dan diharapkan memenuhi persyaratan akademik untuk memperoleh gelar atau sertifikat.

Mahasiswa berasal dari berbagai latar belakang dan memiliki tujuan yang beragam. Ada yang berkuliah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, ada pula yang berkuliah untuk mempersiapkan karier masa depan. Tidak sedikit juga mahasiswa yang berkuliah untuk memenuhi tuntutan keluarga atau masyarakat.

Terlepas dari alasan dan latar belakangnya, mahasiswa memiliki peran penting dalam perkembangan masyarakat. Mahasiswa diharapkan menjadi agen perubahan, katalisator kemajuan, dan inovator masa depan. Mereka memiliki potensi besar untuk berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan sosial.

Untuk memahami lebih dalam tentang pengertian mahasiswa menurut para ahli, mari kita simak beberapa pendapat dari tokoh-tokoh pendidikan berikut:

1. Definisi Mahasiswa Menurut Howard Becker

Menurut Howard Becker, mahasiswa adalah individu yang memiliki status sosial tertentu dalam konteks pendidikan tinggi. Mereka memiliki hak dan kewajiban tertentu yang berkaitan dengan status mereka sebagai mahasiswa.

Becker berpendapat bahwa status mahasiswa tidak hanya ditentukan oleh pendaftaran resmi di perguruan tinggi, tetapi juga oleh partisipasi aktif dalam kehidupan kampus. Mahasiswa yang terlibat aktif dalam kegiatan akademik, ekstrakurikuler, dan sosial lebih cenderung dianggap sebagai mahasiswa sejati oleh rekan-rekan mereka.

2. Definisi Mahasiswa Menurut Burton Clark

Burton Clark mendefinisikan mahasiswa sebagai individu yang terlibat dalam proses pendidikan tinggi secara penuh waktu. Mereka bukan lagi siswa sekolah menengah, tetapi juga belum menjadi anggota penuh komunitas akademis.

Clark berpendapat bahwa mahasiswa berada dalam tahap transisi dari masa remaja ke masa dewasa. Mereka sedang mengembangkan kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan berpikir kritis yang diperlukan untuk sukses di dunia akademik dan profesional.

3. Definisi Mahasiswa Menurut Martin Trow

Martin Trow mendefinisikan mahasiswa sebagai individu yang sedang mengalami proses sosialisasi ke dalam suatu budaya akademis. Mereka mempelajari norma-norma, nilai-nilai, dan praktik-praktik yang berlaku di perguruan tinggi atau universitas.

Trow berpendapat bahwa mahasiswa tidak hanya belajar dari buku dan kuliah, tetapi juga dari interaksi mereka dengan dosen, teman sebaya, dan lingkungan kampus secara keseluruhan.

4. Definisi Mahasiswa Menurut Ernest Boyer

Ernest Boyer mendefinisikan mahasiswa sebagai individu yang terlibat dalam kegiatan belajar yang berorientasi pada pencapaian tujuan akademik dan pribadi. Mereka bukan hanya penerima pasif pengetahuan, tetapi juga pencari aktif dan pencipta pengetahuan baru.

Boyer berpendapat bahwa mahasiswa harus memiliki kesempatan untuk mengembangkan potensi intelektual, sosial, dan emosional mereka sepenuhnya. Mereka harus diberikan ruang untuk berpikir kritis, berinovasi, dan mengejar minat mereka.

5. Definisi Mahasiswa Menurut John Dewey

John Dewey mendefinisikan mahasiswa sebagai individu yang terlibat dalam proses belajar yang berkelanjutan dan transformatif. Mereka terus belajar dan berkembang sepanjang hidup mereka, baik di dalam maupun di luar lingkungan kampus.

Dewey berpendapat bahwa mahasiswa harus menjadi pembelajar mandiri dan reflektif. Mereka harus mampu mengajukan pertanyaan, mengkritik argumen, dan mengevaluasi informasi secara bijaksana.

6. Definisi Mahasiswa Menurut Paulo Freire

Paulo Freire mendefinisikan mahasiswa sebagai individu yang terlibat dalam proses pendidikan yang membebaskan. Mereka belajar untuk berpikir kritis, menantang status quo, dan memperjuangkan keadilan sosial.

Freire berpendapat bahwa mahasiswa harus menjadi agen perubahan dalam masyarakat. Mereka harus menggunakan pengetahuan dan keterampilan mereka untuk mengatasi ketidakadilan dan menciptakan dunia yang lebih baik.

7. Definisi Mahasiswa Menurut Ivan Illich

Ivan Illich mendefinisikan mahasiswa sebagai individu yang terlibat dalam proses pendidikan yang deschooling. Mereka belajar di luar tembok institusi pendidikan formal dan tidak bergantung pada gelar atau sertifikat untuk membuktikan kompetensi mereka.

Illich berpendapat bahwa mahasiswa harus belajar dari pengalaman hidup dan interaksi dengan masyarakat. Mereka harus mampu belajar secara mandiri dan beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di dunia.

Kelebihan dan Kekurangan Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli

Setiap pengertian mahasiswa menurut para ahli memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari beberapa pengertian mahasiswa yang telah dibahas:

Kelebihan Definisi Howard Becker

  • Menekankan pentingnya partisipasi aktif dalam kehidupan kampus.
  • Menunjukkan bahwa status mahasiswa tidak hanya ditentukan oleh pendaftaran resmi.
  • Relevan dengan konteks pendidikan tinggi yang semakin menekankan pengalaman belajar.

Kekurangan Definisi Howard Becker

  • Mungkin terlalu sempit karena hanya berfokus pada konteks pendidikan tinggi.
  • Sulit diterapkan pada mahasiswa yang belajar paruh waktu atau online.
  • Tidak mempertimbangkan aspek motivasi dan tujuan belajar mahasiswa.

Kelebihan Definisi Burton Clark

  • Menekankan tahap transisi yang dialami mahasiswa dari masa remaja ke masa dewasa.
  • Menunjukkan bahwa mahasiswa belum menjadi anggota penuh komunitas akademis.
  • Relevan dengan konteks mahasiswa baru yang sedang menyesuaikan diri dengan kehidupan kampus.

Kekurangan Definisi Burton Clark

  • Mungkin terlalu kaku karena hanya berfokus pada mahasiswa penuh waktu.
  • Sulit diterapkan pada mahasiswa yang sudah menikah atau memiliki pekerjaan.
  • Tidak mempertimbangkan mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan penelitian atau magang.

About administrator

Check Also

yang bukan merupakan tujuan promosi menurut sistaningrum adalah

Kata Pengantar Halo, selamat datang di kasatmata.co.id. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas topik …